line art

Penyakit anak desainer dan writeer

Resiko Penyakit
Anak Desain Grafis,penulis dan gameers

Sebuah kecintaan pada hobi atau profesi membuat kita sadar akan resiko yang akan ditanggung , entah itu berupa penyakit . Tapi hal tersebut senantiasa tidak akan membuat kita kapok dan malah membuat kita makin cinta .

Tread saya kali ini buat yang pernah merasakan penyakit ginian . Bagian dari rekam jejak profesi ananda semua yang menggeluti dunia desain grafis dan Penulis . Saya mengatakan 'PEHOBI' karena saya belum terjun ke dunia profesional yang menjadikan Design & Writing sebagai tulang punggung ekonomi saya . Entah bagaimana yang dirasakan para profesional diluar sana saya belum cukup tau . Namun sedikit informasi yang akan saya sharing buat kita semua . Hehehe .

1. Insomnia .
Insomnia alias susah tidur . Ada kebiasaan sukar tidur . Berbeda dengan begadang yang disengaja . Ini adalah begadang dengan tingkatan lebih jauh . Penulis sendiri sukar tidur karena entah mengapa saya tidak akan melewatkan sebuah inspirasi yang muncul mendadak saat berbaring tidur dan menyegerakannya menulis di kertas HVS kosong .

  Begadang karena ada proyek desain yang hanya bisa dikerjakan hingga larut malam dan subuh menjelang . Kami tentu sadar kecintaan pada hobi yang kami kerjakan adalah 'ilmu tidak pasti' . Untuk ILMU PASTI yang mendatangkan ekonomi jelas kami harus fardhu kipayah dahulu dengan bekerja disiang hari , hehehe . Siang nyari duit malam nya melakukan aktifitas hobi .

2. Nyeri Lambung (Maag)
Perut sering kosong membuat asam lambung anda melonjak . Rasanya pasti sakit sekali . Ngedesain hingga lupa makan . Ngetik terus menerus hingga lupa makan . Anda sudah mulai tidak menghargai badan anda sendiri . Terbersit pikiran , "Ugh , kenapa sih gue harus makan" . Akward memang .

3. Badan Kurus .
Saya yakin siapapun yang sudah sampai tahap ini memiliki tubuh kurus kering kerontang dengan sinyalemen di bully keluarga sendiri karena keadaan fisik anda . Periksalah ke puskesmas , yakinkan anda tidak di vonis KURANG GIZI . Asupan gizi selalu diabaikan pasca rutin begadang . Karena Insomnia penyebab jadi hilang NAFSU MAKAN .

Jika anda mengabaikan poin ini . Saya sarankan anda untuk pensiun dari hobi menulis dan desain grafis . Ini demi kebaikan anda sendiri . Kurang Gizi akan mendatangkan banyak masalah dikemudian hari . Pengalaman Gizi buruk adalah muara yang harus segera ditangani sebelum anda menyesal dan merepotkan semua orang .

Jika sudah terlanjur kena , untuk penyembuhan rajinlah mengkonsumsi curcuma serta madu . Sayangi diri anda seperti anda menyayangi hobi ini . Percayalah akan kolerasi tanggungjawab dan kedisiplinan .

4. Anemia .
Kekurangan darah atau Anemia adalah tahapan selanjutnya dari penyakit para pehobi desain dan menulis . Anda terlihat lesu dan keluarga anda mulai khawatir keadaan anda , namun anda belum menyadari reaksi ini . Jelas karena sel darah merah memiliki kemampuan mengikat nutrisi yang diperlukan tubuh . Masalahnya itu tadi , anda sudah kena vonis kurang gizi . Jadi secara otomatis anda bakal kena ke poin 5 yaitu penyakit ....

5. Pelupa .
Anda akan sering ceroboh dan lupa . Mirip seperti karakter Dory dalam film Nemo . Forget Shorterm Memory . Inspirasi desain dan karya tulis macam apa yang didapat dari seorang pelupa ? Jangan salahkan klien anda bila selalu kekurangan bahan ide .

Akumulasi berlanjut dari hilang nafsu makan karena sering begadang , tubuh anda menjadi terlalu kurus , puncaknya anda menjadi pelupa . Pelupa dikarekanan otak anda kurang mendapat asupan nutrisi sebab anda melakukan pembiaran diri untuk kelaparan .

6. Pandangan Kabur .
Mata anda sering perih sedangkan pandangan adalah aset berharga paling penting dalam hobi yang mengandalkan sistem visual seperti desain dan menulis . Bisa saja mata anda terkena minus .

Saya yakin ananda semua selalu berhadapan dengan layar monitor . Hindari menulis dengan mata keadaan gelap atau main hape sambil tiduran . Ini biasanya bersumber dari poin 4 barusan , Anda pelupa lalu berlanjut ke penglihatan yang memburuk . Tentu saja karena mata berada di kepala , tubuh anda terindikasi kekurangan membagi nutrisi di otak dan mata karena anemia tadi .

7. TBC aka Tubercoulosis .
Level tertinggi penyakit para desainer dan writer . Serangan pada organ vital paru paru . Awalnya anda merasa nyeri punggung . Tapi punggung pegal yang kita kira adalah pegal biasa . Rasa kesemutan di bagian belakang adalah hal biasa bukan . Kita para penulis dan desainer sudah terbiasa dengan hal ini . Ternyata berlanjut ke tahap selanjutnya . Berurutan setelah Insomnia , Maag , Kurang Gizi , Anemia , Pelupa dan penglihatan buruk . Puncaknya adalah serangan paru paru . Daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga kita mudah terkena virus dan penyakit . Berawal dari jantung dengan keadaan darah encer (anemia) memompa ke paru dan dikembalikan ke jantung lagi . Begitu seterusnya saling mondar mandir . Membuat Bronchus di paru anda kotor dan rusak . Anda terkena Bronitis .

Meskipun terkena bronitis biasanya anda belum menyadarinya . Akhirnya anda sesak nafas lalu batuk batuk dan MENGELUARKAN DARAH . Selamat ! anda kini suspect terkena virus TBC .

Anda harus berobat total selama 6 bulan . Anda kemungkinan kehilangan pekerjaan formal anda (bed rest = autopecat) . Jika anda sudah sakit parah , ide menjadi macet , stress gak punya uang . Fokus anda terbagi kesana kemari . Untuk beberapa saat desain dan writing akan anda lupakan . Sembuh dulu baru balik kehobi lagi , hehehe . Bakal sembuh sob , obatnya gratis kok .

Akhirkata kami menyarankan untuk lebih bertanggung jawab dalam berkarya , jangan terlalu naif , ya salahsatunya tentu dengan menyayangi tubuh kita sendiri dengan cara menjaga kesehatan  . Kita memforsir kerja terlalu frontal dalam berkarya . Terlanjur terlena dalam menghabiskan waktu entah sebagai desainer demi menggambar desain keren atau entah sebagai writer yang terus bereksperimen membuat manuver kata dalam membentuk sebuah plot naskah ceritera . Managemen waktu mungkin alternatif solusi untuk menjadikan kita lebih tertib dan disiplin .   Sebenernya ada poin 8 tapi tidak saya tulis karena belum ada desainer dan writer yang kena tahap GAGAL GINJAL karena sudah kena Poin nomer 7 lantas malah mengabaikan Poin nomer 2 . Saya belum melihat kasus sudah kena TB paru tapi tetap gadang dan tidak peduli asupan gizi sehat lalu mengalami gagal ginjal . #Iuh sungguh kombo derita para pehobi desainer dan writer .

  Ini benar benar gila . Jika para desainer dan writer gegabah , mungkin ada yang membuat berita surat kabar dengan judul .

"Konspirasi Hobi , Merusak 8 Organ Vital"


Share on Google Plus

0 Comments: